25 Desember 2010

Permainan Tebak Tanggal Lahir

Belajar matematika sambil bermain adalah harapan semua siswa. Matematika yang dianggap pelajaran paling sulit dan menakutkan akan menjadi pelajaran yang menghibur dan menyenangkan. Materi operasi dasar bilangan bulat adalah materi yang harus dikuasi oleh siswa. Operasi bilangan awal yang harus dikuasi oleh siswa adalah penjumlahan. Penjumlahan bilangan bulat seharusnya dikuasai oleh siswa sejak SD. Banyak siswa yang masih kesulitan dalam penjumlahan.

Permainan tebak tanggal lahir merupakan permainan yang bisa silakukan oleh anak usia SD sampai orang tua. Permainan ini sebenarnya sudah lama, dan mungkin sudah dikenal oleh banyak orang. Tetapi bagi seorang siswa yang masih belajar, permainan ini akan menjadi hiburan yang menyenangkan.

bilangan tanggal yang terdiri dari 1 sampai 31 dibagi ke dalam 5 kelompok. Dengan menunjukkan setiap kelompok bilangan kepada siswa, dan menanyakan apakah ada bilangan tanggal lahir pada tabel tersebut? Siswa cukup menjawab ada tau tidak. Setelah kelima tabel tersebut ditunjukkan ke siswa, dan menandai tabel-tabel yang ada tanggal lahir siswa tersebut, barulah kita bisa menebak tanggal lahirnya dengan cara menjumlahkan bilangan yang ada pada pojok kiri atas.

untuk lebih jelasnya, bisa Anda baca di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar