01 April 2009

Lomba Poster Matematika Di MTs Surya Buana

Untuk posting kali, saya menyajikan hal yang lain, yaitu Lomba Poster Matematika yang adakan oleh teman-teman PPL Matematika Universitas Negeri Malang (UM). Banyak hal positif dari kegiatan ini, antara lain: siswa mempunyai motivasi yang tinggi dalam mensukseskan kegiatan ini, siswa belajar materi matematika yang katanya sulit berubah menjadi menyenangkan, dan yang jelas adalah menghasilkan produk berupa poster matematika. Untuk melihat hasilnya perhatikan slide berikut



Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan hal seperti ini adalah pendampingan yang serius dari guru agar produk yang dihasilkan bisa maksimal, selain itu, siswa tidak merasa terlalu terbebani, serta pemilihan bahan yang efektif dan efisien agar tidak terjadi pembengkakan biaya.

Karena kegiatan ini berupa lomba maka ada pemenang dalam kegiatan ini. Topik yang diangkat dalam lomba ini adalah materi bangun ruang sisi datar. Setiap kelas dibagi menjadi 7 kelompok yaitu kelompok kubus, balok, prisma segitiga, prisma segienam, limas segitiga, limas segiempat dan limas segienam. Lomba ini diikuti oleh 3 kelas VIII MTs Surya Buana dalam rangka meningkat motivasi dan kecintaan mereka dalam belajar matematika.

Pada hari Rabu tanggal 1 April 2009 dilakukan pengumuman pemenang dari masing-masing sub topik. ada 7 kelompok yang memenang lomba poster ini. 3 kelompok dari siswa kelas VIII A, 3 Kelompok dari siswa kelas VIII B dan 1 kelompok siswa dari kelas VIII C. serta dipilih satu juara umum lomba poster yang dimenangkan oleh kelompok siswa kelas VIII A.

7 komentar:

  1. tHANK's TELAH MAMPIR DI Ariesvio
    Salam Sukses
    Tambah teman bergelut dengan matematika...
    Tapi Matematika kewirausahan...ya
    Tank's buanget......

    BalasHapus
  2. OK boz, saya juga mau ikutan berwirausaha... tolong bagi2 ilmu yach...

    BalasHapus
  3. posternya keren-keren...

    salam sukses...!

    BalasHapus
  4. wah, mas jsuwarno makasih ya atas commentnya

    hehehe, nana terinspirasi dr kehidupan sehari2...

    yah, berburuk sangka sih emang ga baik. tp kalo waspada kan wajib

    BalasHapus
  5. salam Pa Joko,
    saya Rahman, orangtuanya Wiranaba Muharrik, MTS SB VIII B
    kenapa anak saya sejak kelas 1 sampai kelas 2 ini menjadi sasaran kekerasan teman2nya? yang terakhir ini adalah kepala Muharrik dipukul oleh anak kelas lain dan terjadi pendarahan dalam. Kerap sy dicegah oleh istri saya agar tidak membalas dengan kekerasan, karena saya orangnya bisa berbuat pa sja bila keluarga saya terancam!!!!
    saya tidak puas dengan hasil penanganan pihak sekolah. bahkan saya berniat membawa ini pada urusan polisi agar tidak terjadi "premanisme sekolah" di MTS surya buana.
    maaf pak, saran saya lain kali sebaiknya anak-anak preman itu jangan asal diterima masuk sekolah ini. sehingga premis anak MTS swasta = anak nakal/ buangan. Saya bisa dihubungi saya di 0856 4075 5789 atau mobilecons@yahoo.com
    sejak sy ikut katahati agak lebih sabaran .... hmmm kalo tidak, pasti besi akan berhadapan dengan besi! itu prinsip saya.

    BalasHapus
  6. intinya urusan keselamatan jiwa anak yang diamanahkan pada MTS SB - akan menjadi prioritas perhatian sy, karena apa gunanya pemerintah menyediakan penjara khusus anak-anak yang terlibat kriminal, kalo tidak di isi dengan anak-anak yang tidak bisa dididik oleh gurunya?.
    Seruan saya: SEGERA KELUARKAN anak yang nakal dari sekolah atau masyarakat nanti yang akan mengadili sekolah-sekolah yayasan SB.
    Maaf dan Trims

    BalasHapus
  7. Salam Pak Joko,
    Saya ayah Wiranaba' Muharrik.
    Terima kasih atas perlakuan bapak pada anak saya.
    Saya berdoa agar Bapak dan guru-guru diberi petunjuk.
    Birohmatika ya arhamar rohimiin.

    BalasHapus