26 Desember 2009

Tes PNS, Harus Blajar DONK......

Tidak maen-maen, mungkin itu kata-kata yang bisa aqu ucapin waktu menghadapi tes CPNS di Kab SERUYAN, Kalteng. Liat aza poto di samping, (dari kiri ke kanan) kang WAHYU, kang YUDI, n Kang ROPIQ, srius mbahas soal-soaltes CPNS. Lucu banget mreka waktu belajar.... (ketawa o... sek ta... karna ini lucu....). Buku kumpulan soal yang terbatas (cuman ada 2, itu pun yang mbawa hanya satu orang, kang YANU, yang laen kayak na g mau repot dalam mempersiapkan tes yachhhh, bukti na g da yang bawa buku tuhhhh), dikeroyok oleh 13 orang... bisa bayangin lecet na tu buku.... ha ha ha.... tiap 5 menit, buku buku-buku pindah tangan, terkadang juga rebutan.

PNS guru yang tidak lirik oleh orang-orang yang merasa ELIT, sekarang menjadi laris manis setelah pemerinah menerbitkan program terbarunya, SERTIFIKASI GURU. Peningkatan gaji guru 2 kali lipat mendaji daya tarik tersendiri bagi semua insan di bumi Indonesia ini. Memang tanpa uang, apakah kita bisa idup????

Bengan daya tarik yang seperti itu, menjadikan lahan yang sebur bagi orang2 yang kurang bertanggung jawab. Banyak oknum-oknum tertentu yang menjanjikan diterima PNS dengan membayar sejumlah uang, nggak tanggung2, ada yang bilang sekitar Rp 150 jt..... Ughhhhh jumlah yang sedikit bagi orang semangat tux jadi PNS.... Segala cara dilakukannya, apakah itu HALAL.... demi semangat yang menggebu, kayaknya halal aza deh...

Tapi untuk kita, rombongan dari JAWA, kita bener-bener mau hasil kerja yang HALAL, bukan yang KAYAKNYA HALAL.... liat ja usahanya, belajar dengan sungguh2...

GOODLUCK

Inilah buktinya kita seriuzzzz... BERJUANGLAH SHOBAT!!!!

Ini dia kalo sudah capek nggarap soal PNS, liat tu telinga na,,,, kena jepit....

banyak jepitan baju yang ilang gara2 di buat bahan hukum maen remi..... AYO DIGANTI.... ntar baju na jatuh semua yang dijemuran tu....



Trima Ksih.... Inilah Bukti 'nya'

video
MAKASIHHHH...
MAKASIHHH....
MAKASIH..

Hanya itu yang bisa aqu berikan sebagai balasannya....

jadilah anak yang creatif siswa qu MTs Surya Buana

GOODLUCK!!!



22 Desember 2009

Ini Dia Kediaman Baru Ku

Udah hampir 2 bulan aqu hijrah ke tanah borneo, baru sekarang bisa posting tempat qu mencari makan. Aqu tinggal di kota KUALA PEMBUANG, deket tulisan LAUT JAWA itu lo....., daerah pinggir selatan pulo borneo.

Kota Kuala bisa ditempuh melalui jalur udara atau laut kl brangkat dari JAWA, jalur darat belum ada yang punya ide tuk mbangun, kalo kamu mau.... kayak na bisa dengan Kereta Api bawah laut, he he he....

Untuk jalur udara, kamu harus lewat bandara Juanda terus ke kota SAMPIT, setelah itu baru naek taxi ke kota Kuala sekitar 4 - 5 jam, selama perjalanan, banyak pemandangan yang mencengangkan bagi kamu yang nggak pernah ke tanah borneo. Kanan kiri jalan nggak ada rumah, kayak e si.... nggak ada kehidupan tuk manusia, jauh dari peradaban gitu... ihhhh serem deh.... yang hanya semak belukar dan rawa-rawa. nambah serem khan????!!!

Kalo jalur laut, kamu harus ke plabuhan Semarang dulu, abis tu naek kapal yang merk na BUKIT PATUNG. Kapal ini brangkatnya nggak tentu, kadang-kadang 13 hari sekali, kadang-kadang juga bisa sampaek 20 hari sekali. Kamu akan berpetualang di tengah laut sekitar 28 jam.... uh seru tuh..... ga da pemandangan apa-apa selain birunya laut dan indahnya sinar mentari pagi dan sore. Kalo mentari siang jangan nanya panaz nya.... bikin orang pusing 7 keliling deh....

Bagi yang minat ketemu aqu koling aza dulu yach... aqu ciap segala sesuatu na.... maksudnya OLEH_OLEH yang perlu kamu bawa....




20 Desember 2009

Kuala Pembuang, I Coming....

Inilah Mentari pagi yang muncul di Kota Kuala Pembuang, Kabupaten Seruyan, Propinsi Kalimatan Tengah. Sinar yang begitu cerah menyambut kami, rombongan dari jatim sebanyak 14 orang antara lain, joko, adi, wahyu, yanu, morinaga, yudi, agus, rofiq, ive, endah, tinuk, santi, winda, n alfi.

Setelah melalui beberapa rintangan, akhirnya kami bisa merasakan hangatnya mentari kota Kuala. Betapa tidak, pemberangkatan yang dijadwalkan pukul 10 pagi pada tanggal 31 Oktober 2009 harus mundur sampai pukul 1 siang. Ditambah lagi, kami harus berkumpul di bandara Juanda pukul 8 pagi.... bikin orang nggak semangat tuk meranto deh jadinya. Seperti gelandangan kaya kami di bandara Juanda, ha ha ha..... (gelandangan kok kaya....). Kitar pukul 3 sore kami sampai di kota Sampit. Dengan menggunakan taxi TRAPEL, kami menuju kota Kuala, perjalanan yang nggak pernah kami duga sebelumnya. Jalanan sepi, berdebu, hanya ada rimbunan pohon yang nggak jelas di kanan kiri jalan, ihhhh... ngeri dehhh. perjalan yang menempuh waktu kitar 5 jam dengan pikir yang ngalor ngidul nggak karuan, cukup mbikin kami stress. Apalagi waktu nyebrang sungai SERUYAN, uhggg... akan kemana kita? itulah pertanyaan yang muncul di kepala ini.

Keempat belas manusia ini rencanakan akan mengabdikan diri pada Universitas Darwan ALi sebagai tenaga dosen di FKIP. Undangan pengabdian tersebut disampaikan oleh beberapa pengurus yayasan dan dari pihak kampus. Saya yang berdomisili di Malang mendapat info dari dosen UM, sedangkan ada teman yang dari nganjuk mendapat info dari Rektor UNDA langsung.

keempat belas manusia tersebut langsung mengikat tali persodaraan dikarenakan seperjuangan walau tidak mau senasib.... he he he... ya iya lah... masak kl nasibnya jelek saya mau ikut-ikut.... kami langsung menyiapkan strategi untuk melakukan survival di tanah borneo, wahhhh... kayak orang kesasar aja nglakuin survival....

Ini beberapa aktipitaz kami

ini adalah sungai Seruyan... lebarkan.... ini yang aqu seberangi pake gethek

mejeng di pasar baru... pasar ikan, sayur ma buah-buahan... ni mepet dengan sungai Seruyan, karna alat trnsportasinya pake kapal klotok....

ha ha ha... yang ini tuk ngisi waktu luang... maen kartu dengan denda dijepit kupingnya

ahhhh... ini yang bikin semangat... MEMASAK... tuk survivallll

12 November 2009

Kota Malang : Surganya Ilmu Pengetahuan


Kota Malang..... Sekarang aqu akan meninggalkan mu.... Akan ku bagikan ilmu yang telah kau berikan pada ku... TERIMA KASIH ATAS SEMUANYA....

9 tahun (2000 - 2009) aku telah memasukkan hasil bumi dari tanah "MALANG", 9 tahun pula aku memasukkan banyak ilmu ke otak ku, dan 9 tahun pula aku mengasah "HATI, JIWA, dan RASA ku" di tanah "MALANG". Banyak yang aqu dapetin dari tanah "MALANG" ini.

Pemandangan yang indah, tubuh penuh semangat untuk bergelut dengan kerasnya kehidupan terus mengalirkan peluhnya demi kemajuan diri, negeri, dan agamanya, itu manusia-manusia "MALANG.... sungguh belum aqu temukan kawasan yang secanggih kota MALANG. Banyak kenangan di kota Malang, baik yang menyenangkan maupun yang menyedihkan, yang bagus maupun yang jelek, semuanya ada di sini.....

Tahun ini, tepatnya tanggal 31 Otober 2009, aqu harus meninggalakannya dan turun gunung ke tanah seberang. Pulau "BORNEO", itulah sapaan mesra para turis mancanegara menyebutnya. Di sini aqu ingin membuktikan banyak hal. Bukan aqu ingin sombong atau angkuh, tapi itulah yang ada dihatiku. Aqu ngin buktiin kl aqu mampu idup di sini, dengan segala kekurangan maupun kelebihan tanah "BORNEO". Aqu ngin buktiin, kl aqu msh bisa maju dengan keadaan yang sepeerti ini. Aqu ngin buktiin, aqu akan slalu berkembang, berkembang dan berkembang....

Universitas Negeri Malang (UM), tempat aku menuntut ilmu Matemnatika, terima kasih semuanya.... teman, sahabat, Bapak dan Ibu Dosen.... Semua aqu sampaikan terima kasihhh..

MTs Surya Buana, teman-teman Guru, Bapak Djalil, Ibu Mamik, Bapak Subanji... terima kasih.... terutama teman-teman kecil ku.... yang mungil-mungil,,,, yang lucu-lucu ... yang selalu bikin aku berteriak dan tertawa.... ha ha ha... kenangan kita tak akan terlupakan... terimakasih atas semuanya....

Doakan guru mu ini yachhhh.... semoga kamu semua SUKSES....

SMA Surya Buana, I am sorryyyy. FULLLLL.... aqu nggak bisa meneruskan amanat yang telah diberikan, sekali lagi, I am sorriiii, kita akan selalu bersama.... Kesuksesan harus kita raih BERSAMA. ..... . INGATLAH ITU!!!!!! DIRAIH BERSAMA....

special for santri pondok kelas 9 baik putra maupun puntri.... kenangan mu akan selalu menjadi alat tux mengobati kerinduan ku sama kamu semua.... I MISS U...










belajar yang rajin.... walau guru mu ini sering bikin acara yang seakan-akan bodohhh... tapi semuanya ada hikmahnya kalo kamu mau merenunggkan, GUTLAK...










ini kenangan waktu di warung bambu batu.... di BORNEO kayak na nggak ada warung macam ini...











ini bakso paporit siswa EsbE.... salam sukses buat mas AGUNG...











NYAM NYAM NYAmmmmmmm... UEEENAKkkkkk....santapan rutin... BAKSO 2oo7










ini kenangan trakhir ma teman-teman trainer "Pengembangan KTSP" program dari LAPIZ INTEGRASI yang di koordinir oleh LKPPI dan ILP

SKL UN 2010 dari SD - SMA atau Sederajat

Buat kamu yang mau menjalani Ujian Nasional (UN) 2010 atau bagi guru atau orang tua yang peduli dengan anak didiknya, kamu harus mbaca tentang peraturan pemerintah yang satu ini. Permen yang berisi tentang aturan-aturan atau petunjuk-petunjuk apa-apa yang diperlukan dalam persiapan, pelaksaan, dan pasca UN 2010. Kamu akan tahu tata tertib, materi yang diperlukan n macem-macemnya deh.....

untuk semua itu, kamu harus berusaha keras untuk membaca semua tulisan yang agak "menjemukan" ini. biasalahhhh.... Peraturan pemerintah, semua harus terperinci dan jelas. Untuk kesuksesanmu silahkan mendownload file-file berikut:
1. Untuk UASBN 2010, silahkan download di sini
2. Untuk UN SMP/SMA atau yang sederajat, silahkan download di sini

SUKSES BUAT KAMU SEMUA YACH.... CHAYOOOO!!!!




09 November 2009

Buku Olimpiade Matematika SMP


Ini dia karya anak negeri yang patut untuk diacungi jempol.... Buku Olimpiade Matematika yang sangat membantu untuk kamu yang mau blajar tentang soal-soal Olimpiade matematika. Buku yang tipis tapi padat isinya, dan yang penting bisa dibuat sebagai referensi bagi kamu-kamu yang mau belajar.

Buku yang diberi judul LAUTAN OLIMPIADE MATEMATIKA ini berisi pembahasan soal-soal olimpiade matematika yang diselenggaran di Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Brawijaya Malang (UB) dan kompetisi matematika yang diadakan oleh PASIAD (kerjasama pemerintah TURKI dan INDONESIA). Sungguh buku ini bagaikan lautan yang luas dan kaya dengan keindahan (kepusingan kali....) yang menantang untuk diselami.

Untuk memiliki buku ini, sangatlah mudah cukup dengan mengganti biaya cetak sebersar RP 50.000 aza, jangan lupe ongkos kirime ye..... bagi yang berminat silahkan hubungi
1. JOKO 08563554711
2. SUGENG 085649727274

selamat belajar....

CHAYOOOO ... matematika



21 Oktober 2009

Soal OM UM 2009

Udah lama nggak jenguk satu-satunya rumah gratis ku ini. Kangen rasanya... Biasa... abizzz lebaran. Jalan-jalan ke semua rumah saudara... cari angpaoooooo.... lumayan untuk membeli ebook soal-soal matematika... ada yang minat membeli ebook dari saya??? cepetan hubungi aqu di kontak person yang telah disediakan.... he he he... itung-itung tambah kerjaan..

Tanggal 12 Oktober 2009, Himpunan Mahasiswa Matematika "VEKTOR" FMIPA UM Malang ngadain Olmipiade Matematika se-Jawa Bali. Pesertanya pun dari siswa SD, MTs dan SMA atau yang sederajat. Acaranya bisa dibilang sukses.... termasuk usaha ku untuk mendapatkan soal-soalnya. Setelah aku rayu...ehhh dapet juga.


Kalo ada yang mau donlud soal-soalnya silahkan aza... yang ini gartisss.. juga ada di ebook looo...
1. soal OM SD silahkan downlod di sini
2. soal OM SMP silahkan downlod di sini
3. soal OM SMA silahkan downlod di sini

untuk yang minat pembahasannya... bisa langsung hubungi saya... ntar ganti fotokopi ma bea pengirimannya ya...

Joko 08563554711


20 September 2009

Matematika Lebaran

Untuk semua hamba Allah SWT yang memperoleh kebahagian berupa telah dilaluinya "kepompon" Romadhon, saya ucapin selamat yach... Di saat seperti ini ada beberapa hal membuat hati nggak enak. Apaan tu??? Ingin tau??? Biasanya di saat lebaran gini ada beberapa kalimat arab yang sering di ucapain ato ditulis dalam bahasa Indonesia, masalahnya adalah banyaknya versi tulisan bahasa Indonesia yang maunya sama tetapi tanyata ditulis berbeda-beda. Yang sering adalah minal aidzin wal faidzin, ada juga yang nulis minal aizin wal faizin ato versi yang lainnya. Apakah yang nulis itu nggak tau apa yang mau ditulis yach????

Yang kedua adalah, apakah mereka yang mengucapakan bahasa itu tau artinya? selain kalimat di atas adalah kalimat yang sering keluar di saat romadhon adalah Taqobalallahu Minnaa wa Minkum... Apaan tu... Kamu tau nggak artinya????

Ho ho ho... Kog malah nglantur ke situ....Udahlah.... Yang mau tau silahkan aza search di GUGEL, biar tambah pinter.

Sekarang mari kembali ke jalan yang lurus sesuai dengan judul postingan ini.

Matematika Lebaran yang akan dibahas di posting kali ini adalah:

1. Permasalahan JABATAN TANGAN
Biasanya tiap lebaran gini banyak acara halal bi halal (bahasa arab lagi.... tau nggak artinya apa itu...) pada saat acara gitu biasa semua orang yang hadir saling bersalaman (benar nggak???) Kalo misalnya ada 40 orang yang hadir pada acara halal bi halal dan semua orang yang hadir di situ saling bersalaman satu dengan yang lain tidak berulang, ada berapa kali salaman semuanya yach....???

hint: misal ada 2 orang, ada berapa salaman?
misal ada 3 orang, ada berapa salaman?
misal ada 4 orang, ada berapa salaman?
.....
.....
.....
la kalo ada 40 orang, ada berapa salaman????...

2. Tempat Duduk dalam Meja Makan
Nggak bisa dipungkiri lagi, di saat lebaran gini, pasti semuanya punya makanan yang enak-enak, opor ayam, ketupat, sambel goreng ati, sate special made in dewe, n lain-lain dehhh... dan makannya bisanya bersama-sama. Misalnya denah tempat duduknya kayak gambar berikut

Misalnya masing-masing warna itu mewakili tempat duduk, misalnya ada ayah, ibu dan dua orang anak. Ada berapakah pola tempat duduk yang mungkin dari dalam acara makan bersama tersebut????

3. Traktiran
Yang ini hampir sama dengan soal nomer 2, tapi ada beberapa syarat tambahan, misalnya kamuh mengundang 5 temanmu untuk kamu traktir makan, sehingga ada 3 cewek dan 3 cowok dalam acara traktiran makan tersebut. Misalnya denah tempat duduknya seperti ini

Syaratnya adalah tidak boleh ada manusia sejenis (hi hi hi... serem deh bahasa na) duduk berdekatan. Ada berapa pola tempat duduk yang mungkin yach???

Aquh kira itu dulu aza yach masalah matematika lebaran taon ini, salam buat semua

SELAMAT HARI RAYA
&
SELAMAT BERKARYA

17 September 2009

OSNPTI PERTAMINA 2009

Ini dia ajang bergengsi untuk para MAHASISWA S1 MIPA. Untuk menguji kemampuan ilmu yang telah diperoleh sejak TK ampe' sekarang. OSNPTI (Olimpiade Sain Nasional Perguruan TInggi) diadakan oleh PT PERTAMINA sebagai wujud kepedulian perusahaan ini terhadap kemajuan ilmu pengetahuan di Indonesia yang bekerja sama dengan UI (Universitas Indonesia).

Olimpiade Sains Tingkat Perguruan Tinggi (OSN-PTI) 2009 adalah program yang memiliki potensi dan kontribusi dalam peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia. Program ini untuk mendorong mahasiswa yang mendalami bidang matematikan, fisika, dan kimia agar lebih serius dan kompeten dibidangnya.

Pendaftaran dan Seleksi

* Pendaftaran : 5 September – 26 Oktober 2009
* Seleksi Peserta Tingkat Daerah : 3 Nopember 2009
* Seleksi Peserta Tingkat Pusat & Final : 4 – 9 Desember 2009

Persyaratan Peserta

* Mahasiswa S1 PTN dan PTS seluruh Indonesia yang masih aktif kuliah dibuktikan
dengan kartu mahasiswa dan surat pengantar dari Ketua Jurusan/Dekan/Rektor
* Kompetisi ini tidak berlaku bagi mahasiswa yang pernah mengikuti lomba
olimpiade tingkat mahasiswa internasional dan pemenang 1,2 dan 3 OSN PTI 2008.
* Minimal semester 3

Untuk yang info lengkapnya bisa di baca di sini ato di sini

08 September 2009

Pondok Romadhon ala Surya Buana

"اللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ"

“Ya Allah, untuk-Mu aku berpuasa dan dengan rizki-Mu aku berbuka. “

emmmm.... yam....yam....yammm.... nikmat...............
Itulah perasaan yang ada di dada, pikiran yang ada di kepala saat mau berbuka puasa. Semua makanan akan terasa nikmat dan menggairahkan, mak yuzzzz, ludah sudah membajir dan lidah sudah bergoyang-goyang.... Ughhhhh... kapan bedug akan ditabuh oleh takmir masjid yach???....

He he he he.... jadinya puasa kita g sempurna nih.... Memang sihhh... ALLOH telah menjanjikan 2 kenikmatan bagi hambaNYA yang berpuasa, 1 kenikmatan akan diberikan oleh ALLOH pada saat berbuka dan kenikmakan kedua akan diberikan BELIAU pada saat kita di akhirat. Moga-moga kita dapet kedua kenikmatan yang telah dijanjikan itu, aminnnnnnnnnnnnnnn............

Sekolah Alam Bilingual Surya Buana Malang dalam rangka menyambut bulan suci ROMADHON ngadain pondok romadhon bagi siswa MTs dan SMA. Kegiatan ini bertujuan untuk memperdalam keilmuan tentang puasa wajib "romadhon"

Ini dia beberapa hasil jepretan kegiatan tersebut:


ta'jil yang sudah disantap

kajian yang dibina oleh ustadzah 'Alim
kondisi kelas waktu berdiskusi

kajian yang dibina oleh ustadz mabrur

ni lagi nonton pilem perjalanan hidup Imam Bukhori




kalo yang ini, foto waktu siswa SMA tadabur alam di kampus 4, asyikkk...kannnnnn

02 September 2009

Lomba KIR di LIPI Tanggal 1 Oktober 2009

Yang ini ajang untuk siswa-siswa yang selalu penasaran dengan hal-hal yang terjadi di sekitarnya. Ajang karya ilmiah ini biasanya menjadi lahan empuk bagi sekolah-sekolah yang mempunyai siswa yang kreatif dan inovatif. Tapi untuk membuat siswa kreatif dan inovatif tersebut butuh waktu loooo.... jadi, jangan nunggu kreatif untuk ikut lomba. Siapkan diri mulai sekarang dan ikuti lomba ini.

Tema Ajang ini adalah “Menumbuhkan Minat Remaja Mencintai Iptek”

Bidang lomba Karya Ilmiah Remaja ini adalah
BIdang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan
Bidang Ilmu Pengetahuan Alam
Bidang Ilmu Pengetahuan Tekhik

Persyaratan lomba ini antara lain:
1. peserta berusia 12 - 19 tahun (seusia SMP-SMA atau yang sederajat)
2. Perorangan atau kelompok (maksimal 3 orang).
3. Materi merupakan hasil penelitian yang dilaksanakan dengan metode ilmiah dan ditulis sesuai dengan kaidah penulisan yang benar
4 Ide, orisinalitas, kualitas materi, sistematika penyajian, bahasa, dan data pendukung merupakan unsur kriteria penilaian.

Waktu Penyelenggaraan
25/10/09 : Registrasi Peserta
26/10/09: Presentasi Finalis
27/10//09 : Audiensi, Field Trip & Malam Penganugerahan Pemenang
28/10//09: Kepulangan Peserta

Untuk lebih jelasnya, bisa dibaca di sini

01 September 2009

Olimpiade MAT FIS BIO di Uninversitas Negeri Malang

Ini dia yang ditunggu-tunggu oleh kutu buku pelajaran sekolah. Ajang Olimpiade yang bikin otak mumet dan kepala jadi gundul. Masak ci...iiihhhhh????ha ha ha.... Ternyata tidak juga, banyak siswa yang belajar sampai "jengking-jengking" tapi g pernah putus asa untuk ikut ajang olimpiade ini.

Mahasiswa dari MIPA (MAT FIS BIO) Universitas Negeri Malang mongadain Olimpiade untuk pelajaran-pelajaran tersebut (sori,tuk kimia,saya belum dapet kabar). Waktu pelaksanaannya pun hampir bersamaan bahkan yang ada bareng di bulan Oktober 2009. Ughhh...para siswa pasti bingung nihhhh.... mo ikut olimpiade yang mana. Mumpung masih agak lama (kan pelaksanaannya bulan Oktober) cepetan persiapkan dirimu, sapa tau ntar kamuh yang menang..... Aminnnnn...

Jadwal masing-masing lomba:

1. Olimpiade Matematika

Tingkat : SD, SMP, SMA sederajat se Jawa dan Bali 2009

Peserta

a. Peserta perorangan atau beregu dengan ketentuan :

* SD : hanya perorangan
* SMP : perorangan dan beregu
* SMA : perorangan dan beregu

b. Masing-masing sekolah boleh mengirim lebih dari 1 (satu) regu untuk peserta
beregu atau lebih dari 1 (satu) orang untuk peserta perorangan.

c. Satu regu terdiri atas tiga orang.

d. Anggota peserta beregu boleh menjadi peserta perorangan sekaligus.

e. Peserta beregu boleh dari sekolah berlainan.

f. Peserta boleh atas nama delegasi (perwakilan) sekolah atau mandiri (pribadi).

Tanggal Pelaksanaan :
Kontribusi :
untuk lebih lengkapnya bisa dibaca di sini

2. Olimpiade Fisika

Tingkat : SMP dan SMA se-Jawa
Dilaksanakan di : Malang, Surabaya, Kediri, Tulungagung, Banyuwangi, Lamongan, Probolinggo, Jombang, dan Madura
Pendaftaran terakhir : 11 Oktober 2009
Tanggal Pelaksanaan : 11 Oktober 2009
Kontribusi : SMA Rp 90.000,-
SMP Rp 60.000
Sistem : beregu dengan satu regu terdiri dari 3 orang
Kontak persen : Farid 085648206525
Ismil 08546630551
Dama 081336876979
kantor panitia (0341)5191557

3. Olimpiade Biologi

Tingkat : SMA atau yang sederajat se Jawa Bali tahun 2008.

Pendataran terakhir : Jum'at,4 September 2009

Tanggal Pelaksanaan : Minggu, 4 Oktober 2009
Untuk lebih lengkapnya bisa dibaca di sini

30 Agustus 2009

Merdeka Negara Ku...........

Indonesia sudah MERDEKA 64 tahon yang silam.... Siapa yang berani memungkiri pernyataan itu???? ntar pasti ditangkap ma densus 17-an...he he he ... apa maksudnya yach....????

Kayaknya nggak nyambung yachhhh.... tapi jangan kawatir, coz densus 17-an belum dibuat oleh pemerintah. N pasti kualitasnya di bawahnya densus 88.

Sekolah Alam Bilingual SURYA BUANA MALANG, pada tanggal 17 Agustus 2009 mlakukan Upacara Bendera untuk memperingati Kemerdekaan RI. Ada yang seru nggak yach???? ha ha ha... pasti ada lah...kalo nggak ada yang seru, buka SURYA BUANA namanya.

Ini dia keSERUan yang terjadi sebelum, saat dan setelah acara upacara:
keSERUan yang pertama adalah Sekolah Alam Surya Buana mendapat dua undangan untuk mengikuti upacara bendera, yang pertama undangan dari Gugus Merjosari, udangan yang kedua dari Kelurahan Dinoyo. emmmm....Surya Buana ternyata diperebutkan. Tapi Kelapa Sekolah tidak kekurangan AKAL. Drs. H. Abdul Djalil Z, M.Ag mengatur yang menghadiri di Gugus Merjosari adalah siswa SDI Surya Buana kelas 4, 5, dan 6. Yang menghadiri undangan di Kelurahan Dinoyo adalah siswa MTs Surya Buana kelas 7. Selain itu, pihak sekolah sendiri mau mlakukan upacara sendiri di sekulah... tambah bingung kannnn.... Guru-guru yang mendapat tugas nglatih petugas upacara kelabakan mencari "orang-oarang yang layak" dijadiin petugas. Selain itu, Gugus Merjosari minta agar petugas upacara juga dari pihak SURYA BUANA...emmmm tambah tu.....

keSERUan kedua adalah Kepala Sekolah minta agar Pemimpin Upacara diambil dari siswa SD kelas 6.... bisa percaya nggak????? Masak anak SD mimpin anak MTs dan SMA dalam upacara????....Tapi setelah menjelaskan maksud dan tujuan mengapa KEPSEK usul seperti itu, semua guru bisa menerima. Tujuan Kepala Sekolah adalah untuk memberikan penghargaan kepada salah satu siswa SD yang memperlihatkan jiwa kepemimpinannya yang bagus.... Memang Kepala Sekolah ini memperhatikan siswa-siswanya.... SEMOGA diberi KESEHATAN selalu oleh ALLAH SWT... Aminnnnnnnnnn

keSERUan ketiga adalah he he he.... ini adalah ADAT yang selalu dilakukan di EsbE. Apaan tu????.... emmmmm ini yang ditunggu-tunggu....TUMPENG kemerdekaan menggairahkan..... Semuanya jadi semangad dalam upacara, guru-guru banyak yang dateng, emmm...rame dehhhh.... ada delapan TUMPENG yang menunjukkan bulan kemerdekaan RI. Laki-laki dibagi menjadi 4 kelompok begitu pula dengan siswa putri. makan bareng-bareng antara siswa, guru dan karyawan dan tidak ketinggalan pembesar SURYA BUANA (YAYASAN BAHANA CITA PERSADA) juga ingud ngumpul-ngumpul. Semua makan dengan lahap dan tanpa ada babibu lagi semua langsung menyantap bagiannya masing-masing. ughhhh.... seru yachhhh...moga taon depan lebih seru lagiii..





Betulkah Indonesia MERDEKA???? mungkin Negara RI sudah MERDEKA, tapi bangsanya perlu dipertanyakan... bangsa ini masih banyak mengalami ketidakadilan, kesusahan, kesengsaraan de el el...

Kaum UMAR BAKERY (he he he... kayak merek roti aza...)masih dalam kungkungannnnn... walau sekarang sudah ada SERTIFIKASI guru, tapi dalam kenyataannya Sertifikasi tidak sejalan dengan keinginan ideal yang telah ditetapkan....

CHAYOOO dehhhh UMAR BAKERY

20 Agustus 2009

Siswa SMASURBA Mau Di "Godok" Bahasa Inggris di Pare-Kediri

Bulan Ramadhan 1430 H, mungkin akan menjadi keberuntungan buat aquh. Betapa tidak, pihak sekolah Surya Buana mau ngirim aquh ke PARE - Kediri untuk belajar bahasa Inggris. Bahasa yang sejak aquh Es-Em-pE aquh plajari namun nggak pernah aquh pahami pa-lagi aquh kuasai.... ugh... sebel deh kalo ketemu palajaran itu. Namun untuk menguasai ilmu, tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa bahasa inggris haruslah kita kuasai. Hal ini disebabin hampir semua literatur yang ada dipasaran buku di negara MERAH_PUTIH ini berbahasa inggEris. Oleh sebab itu, aquh harus bisa!!!! Harus bisa!!! dan Harus Bisa.......


Tapi..... ternyata aquh nggak bisa berangkat bulan ini, hal ini karena aquh ndapat tugas tuk dampingi 6 MI se-Malang Raya mbuat dokumen 1 dan 2 KTSP. Target yang sangat dekat mbuat aquh g brani meninggalkan paru tux kepentingan pribadi saya. Ughhhh...kasian deh aquhhhhhh...

Semuanya ada solusinya, setelah aquh jelas kepihak sekolah kalo aquh nggak bisa nemenin murid2 quh SMASURBA tuk ke Pare karena alasan di atas, ternyata semuana diserahkan ke aquh. Biar aquh yang ngatur kapan bisanya, kapan enaknya dan kapan sajalah,,,..... POKOKnya bisa berjalan dengan lancar n sukses...


MAKASIH semuanya, ini karena doa semua yang perhatian ama aquh. Sehingga riski quh nggak berkurang walau ada rintangan. Mungkin libur semester 1 nanti aquh bisa berangkat ke Pare dengan murid-murid. DOAKAN yachhhh.... Aquh akan brusaha tuk bisa berbahasa inggeris yang baik dan benar.

sekali lagi Makasihhhhhhhh..



14 Agustus 2009

SMA Surya Buana Ikut Lomba Matematika UGM

SMA Surya Buana yang baru berdiri taon initidak mau ketinggalan dalam berpartisipasi dalam ajang perlombaan. walau hanya beranggotakan 6 personil...dengan PD mreka melangkah untuk membuktikan kemampuannya dalam bidang Matematika. Mahasiswa UGM yang menyelenggaran Lomba Matematika Tingkat Nasional pada tanggal 28 Juli 2009. Dengan berbekal ilmu yang "pas-pasan" akhirnya bisa membawa banyak pengalaman. Berbagai pengalaman diperoleh oleh siswa SMASURBA, mulai dari tersesat di jalan sampai merasa pusing karna nggak bisa jawab soal. Yang paling lucu adalah pengalaman tersesat, maklum, mereka hampir semuanya adalah anak luar kota Malang, jadi belum tau jalur angkot yang ada. Ada yang tersesat sampai ke Kota Lama,,,,ughhhh... Jauh banget tu...

Untuk masalah prestasi, dari sekitar 50 peserta se Jawa Timur, salah satu siswa SMASURba mraih peringkat 15 dan secara nasional dia meraih peringkat 74. Lumayan untuk ukuran sekolah yang baru berdiri. Doakan ya.... semoga SMASURBA tambah sukses .

Ke-6 pesonel SMASURBA adalah:
1. Artma asal dari Sidoarjo
2. Afnan asal dari Malang
3. Chosi' asal dari Kediri
4. Defi asal dari Kediri
5. Fina asal dari Bali
6. Rima asal dari Pasuruan

dan tak lupa pembimbing setianya adalah Mr Joko asal dari Probolinggo...

Untuk teman-teman yang mau belajar soal dari UGM ini silahkan di download di sini
Untuk yang mau dengan kunci jawabannya, silahkan download di sini

GOODLUCK SMASURBA

12 Agustus 2009

Kado Ulang Taun quh..... Terima Kasih

MAKASIH itu yang trucap dalam hati qu ketika melihat murid-murid qu mberikan aquh hadiah ULTAH. Yang keberapa yach???? ha ha ha.... Ternyata aquh dah mulai menjelang "tua", aquh dah usia 28 taon sekarang....Perlu banyak koreksi diri lagi kayaknya... Agar bisa menemph hidup ini lebih bijaksana lagi. Emmm jadi inegt ULTAH yang ke 27 nihhh, dulu aquh dapet hadiah PUDINg dari santri putra.... walau sederhana, tidak enak n minimalis bangetttt...Tapi aquh liat ketulusan mereka untuk memberikan hadiah di ULTAH quh waktu itu. Dimasak dengan alat sederhana (HITER) dan ditempatkan di tempat seadanya.... TApi sangat berkesan buat quhhh......MAKASIH juga untuk kalian

Tidak hanya satu hadiah ternyata banyak yang ngasih.... Skali lagi terima kasih. Ada kue ada siswa putri kls 9A ini dia
Masih ada lagi kue misterius.... ughhhh serem kayaknya???? betapa nggak.... kue itu ditemukan temen aquh ngajar di tempat makannya santri putra.... waktu ditanyakan ke para santri, nggak ada yang ngaku...Aquh dah trauma makan barang nggak jelas gitu. Dul pernah ada roti di kantor sudah 3 hari nggak ada yang ngambil, jadi aquh rasa, roti tersebut sudah aquh anggep "HALAL" so.... aquh makan aza dengan lahabnya. Ternyata besok paginya, ada salah satu santri yang nanya apakah ada kiriman baju + roti? wahhhha.... itu yang bikin aquh trauma....

selidik punya selidik...ternya di kamar ada surat yang misterius juga. Datangnya dari santri putra...ternyata ada 3 santri yang urunan untuk mbeli roti tersebut sebagai hadiah ULTAH quh.... MAKASIH yachhhh... aquh g bisa ngasih apa-apa buat kamuh, bahkan ucapan trima kasih aza g bisa kluar dari mulut quh...tapi hati quh mendoakan kalian.......

emmmm....sdangkan kue yanga da di atas itu, pemberian hadiah dari satri putri, makasih...doa quh juga untu kaliannnn


Ternyata perhatian kalian sangat besar, maavkan aquh jika aquh sering berbuat kasar, keras, atau yang tidak mengenakkan hati... GOOD LUCK untuk kalian semua....

ULTAH yang g akan terlupakan


12 Juli 2009

Star Party @ Surya Buana malang

Seneng, Capek, Bahagia, Ngantuk semuanya bercampur dehhhh... Semalaman nungguin BINTANG, PLANET, SATELIT, AWAN (lupa apa istilahnya yang bener, maav yaaa...)itulah kegiatan STAR PARTY pertama kali yang dilakukan di SURYA BUANA. Tanggal 27 Juli 2009, teropong Bintang yang dibeli dari Jepang telah datang. Melalui HAAJ yang merupakan singkatan dari Himpunan Astronomi Amatir Jakarta. Kata "AMATIR" dalam singkatan tersebut bukanlah untuk menunjukkan bahwa anggota dalam himpunan tersebut orang-orang dengan kemampuan amatir, tetapi kata amatir tersebut bermakna bahwa anggota himpunan ini tidaklah harus lulusan dari lembaga pendidikan yang mempelajari astronomi secara mendalam. Anggota himpunan ini juga tidak membatasi usia calon anggotanya.

Acara star party ini di awali dengan cerita pembuka tentang astronomi, benda-benda langit, bintang, meteor, kejadian-kejadian di angkasa sana, pokoknya seru dehhhh... kang rayhan dengan lugas menjelaskan semua ditambah lagi penjelasan dari kang nurdin dan mbak widya, tambah seru pokoknya. Setelah cerita-cerita gitu, kang Rayhan menunjukkan beberapa sopwer untuk mensimulasi suasana angkasa, tambah seru tuhhhh...

Jam 10 malem, peserta menuju ke kampus 2 EsbE untuk melakukan acara inti malem itu. Acara pertama adalah "nginceng" planet JUPITER, uhhhh seru dehhhh...., pada saat pengincengan dilakukan, ternyata nampak satelit jupiter sebanyak 4, padahal katanya ada 16 atau 36 ya???? aqu lupa....

Peneropongan kedua dilakukan untuk melihat bintang ANTARES, bintang yang besarnya 625 kali matahari, ini tambah seru ni..... bintang yang tampak kecil ternyata mempunyai besar yang sangat luar biasa...

Selanjutnya dilakukan peneropongan benda2 langit yang lain, sampai pada tempat lahirnya bintang,ternyata bintang juga dilahirkan looo n bintang juga bisa mati....

Ini kebesaran ALLAh yang seharusnya bisa dirasakan oleh semua hambanya

Saya kira itu aja dehhh...ntar mungkin SB akan nglaksanain STAR PARTY kedua n kabarnya terbuka untuk umum (mbayar g yachhhh???)ntar ja tunggu tanggal maennya, karena kabarnya di MALANG yang punya teropong seperti ini baru EsbE aja...

itu yang megang mix namanya Rayhan yang sebelahnya kang Nurdin n yang sebelanya lagi mbak Widya trainer dari HAAJ


peserta dari pondok putra lagi serius, tu...liat yang gundul...sapa tu.....


ni kang Rayhan ma kang Nurdin lagi nyetel teropongnya


beginilah nasibnya peserta yang mau liat kebesaran ALLAH



ini foto ku, waktu shubuh, tu...liat matanya dah g bisa melek lagiii

01 Juli 2009

Perkalian Napier Berbantuan Powerpoint

Emmmhhhh...Inilah pengalaman quh pertama kali menjadi pemateri di seminar nasional. Walau hanya sebagai pemateri paralel, tapi sangat berkesan. Betapa tidak, biaya yang cukup mahal bagi quh, akhirnya bisa teratasi (coz pihak MTs Surya Buana mau membiayainya). makasih EsbE......

Dalam seminar tersebut, aquh menjadi materi dengan judul makalah Perkalian Napier Berbantuan Powerpoint. Aquh menulis makalah ini disebabkan banyak murid MTs kelas VIII belum lancar berhitung perkalian. Hal ini karena mereka sudah merasa bozen dengan itung-itungan. Media belajar berhitung ini bisa didownload pada posting ini.

Teknik Perkalian ini ditemukan oleh John Napier, seorang matematikawan abad ke-16 yang mengembangkan logaritma dengan Tulang/Keping. Di dalam bukunya, Rabdologia, Napier menerangkan berhitung dengan memindahkan keping–keping perhitungan pada papan catur dan untuk selanjutnya, keping-keping tersebut disebut keping Napier. Keping Napier digunakan sebagai alat pembantu dalam menyelesaikan permasalahan berkaitan dengan operasi perkalian khususnya untuk perkalian bilangan yang besar.

untuk berbagi dengan teman-teman, saya siapkan link untuk mendownload makalah maupun media powerpointnya. Untuk makalah bisa diunggah di sini. Untuk powerpoint dengan tipe pps (MS 2003) bisa diunggah di sini. Untuk powerpoint dengan tipe ppsx (2007) bisa diunggah di sini

NB: sebaiknya anda mendownload yang ms 2007, karena media ini saya buat di ms 2007. Selanjutnya saya convert ke ms 2003. Mungkin sebagian animasi ada yang tidak bisa jaln di ms 2003.