20 September 2009

Matematika Lebaran

Untuk semua hamba Allah SWT yang memperoleh kebahagian berupa telah dilaluinya "kepompon" Romadhon, saya ucapin selamat yach... Di saat seperti ini ada beberapa hal membuat hati nggak enak. Apaan tu??? Ingin tau??? Biasanya di saat lebaran gini ada beberapa kalimat arab yang sering di ucapain ato ditulis dalam bahasa Indonesia, masalahnya adalah banyaknya versi tulisan bahasa Indonesia yang maunya sama tetapi tanyata ditulis berbeda-beda. Yang sering adalah minal aidzin wal faidzin, ada juga yang nulis minal aizin wal faizin ato versi yang lainnya. Apakah yang nulis itu nggak tau apa yang mau ditulis yach????

Yang kedua adalah, apakah mereka yang mengucapakan bahasa itu tau artinya? selain kalimat di atas adalah kalimat yang sering keluar di saat romadhon adalah Taqobalallahu Minnaa wa Minkum... Apaan tu... Kamu tau nggak artinya????

Ho ho ho... Kog malah nglantur ke situ....Udahlah.... Yang mau tau silahkan aza search di GUGEL, biar tambah pinter.

Sekarang mari kembali ke jalan yang lurus sesuai dengan judul postingan ini.

Matematika Lebaran yang akan dibahas di posting kali ini adalah:

1. Permasalahan JABATAN TANGAN
Biasanya tiap lebaran gini banyak acara halal bi halal (bahasa arab lagi.... tau nggak artinya apa itu...) pada saat acara gitu biasa semua orang yang hadir saling bersalaman (benar nggak???) Kalo misalnya ada 40 orang yang hadir pada acara halal bi halal dan semua orang yang hadir di situ saling bersalaman satu dengan yang lain tidak berulang, ada berapa kali salaman semuanya yach....???

hint: misal ada 2 orang, ada berapa salaman?
misal ada 3 orang, ada berapa salaman?
misal ada 4 orang, ada berapa salaman?
.....
.....
.....
la kalo ada 40 orang, ada berapa salaman????...

2. Tempat Duduk dalam Meja Makan
Nggak bisa dipungkiri lagi, di saat lebaran gini, pasti semuanya punya makanan yang enak-enak, opor ayam, ketupat, sambel goreng ati, sate special made in dewe, n lain-lain dehhh... dan makannya bisanya bersama-sama. Misalnya denah tempat duduknya kayak gambar berikut

Misalnya masing-masing warna itu mewakili tempat duduk, misalnya ada ayah, ibu dan dua orang anak. Ada berapakah pola tempat duduk yang mungkin dari dalam acara makan bersama tersebut????

3. Traktiran
Yang ini hampir sama dengan soal nomer 2, tapi ada beberapa syarat tambahan, misalnya kamuh mengundang 5 temanmu untuk kamu traktir makan, sehingga ada 3 cewek dan 3 cowok dalam acara traktiran makan tersebut. Misalnya denah tempat duduknya seperti ini

Syaratnya adalah tidak boleh ada manusia sejenis (hi hi hi... serem deh bahasa na) duduk berdekatan. Ada berapa pola tempat duduk yang mungkin yach???

Aquh kira itu dulu aza yach masalah matematika lebaran taon ini, salam buat semua

SELAMAT HARI RAYA
&
SELAMAT BERKARYA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar