02 Maret 2009

Teknik Pengerjaan Soal Olimpiade Matematika

Olimpiade pada akhir-akhir mulai naik daun. Banyak even olimpiade yang diadakanoleh pihak/organisasi pemerintah maupun swasta bahkan LSM pada akhir-akhir ini. Tidak menutup kemungkinan hal ini disebabkan oleh seringnya indonesia memperoleh medali pada even-even internasional, baik di bidang matematika, fisika, bologi, kimia, komputer, astronomi, ilmu sosial atau yang lainnya. Semangat para pejuang pengharum bangsa tersebut mulai tercium samapi pelosok negeri. Oleh sebab itu gema olimpiade semakin menggaung.
Khusus untuk Olimpiade Matematika (OM), sepertinya mempunyai power tersendiri yaitu soal pemecahan masalah (problem solving) yang menuntuk penalaran peserta OM. Mengapa dibilangan seperti itu? Banyak lembaga yang menyelenggarakan even olimpiade memilih bidang matematika sebagai “bahan”nya. Hal ini disebabkan soal-soal yang akan diberikan lebih memberikan tantangan. Apakah tantangan tersebut tidak bisa dikerjakan? Tidak, banyak soal OM yang bisa dikerjakan tanpa menggunakan rumus yang njlimet. Banyak soal yang dikeluarkan dalam ajang OM bisa dikerjakan dengan cara “coba-coba”.
Dalam mengerjakan soal OM, ada beberapa teknik pengerjaan soal yang bisa dilakukan untuk memperingan kerja otak. Teknik tersebut antara lain: teknik melihat pola, teknik mendata, teknik menggunakan variabel, teknik menggunakan definisi/teorema/rumus, tenik menggunakan bantuan, teknik menggunakan perkiraan.
Sepertinya teknik-teknik itu tumpang tindih antara satu dengan yang lainnya dan sepertinya hal itu adalah syarat utama dalam pengerjaan soal. Memang benar, dalam mengerjakan soal, semua teknik ini akan termanfaatkan. Tetapi dari segi “takaran”nya, teknik-teknik ini bisa dikelompokkan.
Akan lebih jelasnya jika anda memperlajari satu per satu dari teknik ini. Teknik melihat pola bisa diunduh di sini.
Bersambung

5 komentar:

  1. jikalau begitu...boleh post kan soal soal olimpiade matematika tingkat nasional tahun 2009 beserta pembahasannya?? thx..

    BalasHapus
  2. boleh poskan soal-soal olimpiade Matematika kuliah ke alamat email tony.yulianto@yahoo.com.makasih sebelumnya!!

    BalasHapus
  3. tolong kirimkan soal-soal olimpiade SMA beserta penyelesaiannya dari tingkat kabupaten sampai tingkat nasional yach?? ke alamat saya : dinnadya.a@gmail.com

    BalasHapus