31 Maret 2009

Teknik Pengerjaan Soal Olimpiade 6

Teknik ini saya beri nama teknik menggunakan perkiraan. Teknik ini sering digunakan oleh siswa dan biasanya dikenal dengan coba-coba. Tetapi ada perbedaan antara perkiraan dan coba-coba, kl perkiraan ada alasan logis sebagai dasar pemikirannya sedangkan teknik coba-coba biasanya berjalan begitu jalan dengan alasan siapa tahu ketemu jawabannya.

Soal seperti ini butuh kehlian dan kejelian khusus, karena biasanya soal-soal keliatan sudah biasa dikenal tetapi sulit untuk memulai pengerjaannya. Untuk itu, siswa seharusnya juga dilatih untuk berpikir secara logis akan segala sesuatu yang diperbuatnya. Sehingga dengan begitu, siswa akan selalu mempunyai dasar alasan yang kuat dan bisa mempertanggungjawabkan semua pemikiran, perkataan dan perbuatannya.

Matematika memang dikenal dengan pelajaran untuk melatih otak berpikir logis. Kelogisan suatu pernyataan (pemikiran, perkataan dan perbuatan) memang mempunyai ukuran tertentu. Misalnya seorang anak SD belajar tentang penjumlahan, dijelaskan dengan sedotan saja sudah logis bagi dia. Tetapi untuk seorng mahasiswa, dia akan selalu berpikir bagaimana bisa 2 + 2 = 4? Walau salah seorang menjelaskan bahwa itu adalah definisi tetapi hal itu belum memuaskan otaknya. Ternyata penjumlahan bilangan itu bisa dibuktikan (saya lupa alamat webnya, kalau mau coba saja cari google-scearh).

Untuk lebih tahu dan jelasnya, silahkan unduh di sini teknik pengerjaan soal olimpiade menggunakan perkiraan.

5 komentar:

  1. duh, seandainya dari dulu saya uda melek internet dan nemu blog ini, pasti uda bisa jadi juara olimpiade..

    BalasHapus
  2. makasih atas apresiasinya, semoga ada generasi penurus akang...

    BalasHapus
  3. Saya punya saran, bagaimana kalau situs ini memberikan penjelasan mengenai teknik-teknik yang lebih konkret? Misalnya teknik invarian, teknik kongruensi dan modulo, teknik bijeksi, dan sebagainya. Saya pikir teknik-teknik yang konkret seperti ini lebih efektif untuk para siswa.

    BalasHapus
  4. bos saya ingin sekali tukeran linkl blog dengan anda. karena blog anda sangat inspiratif..

    (mhsiswa matematika uin jogja)
    http://www.ialpsht.blogspot.com

    BalasHapus
  5. Nice Blog, I Like Share Bout Education....
    terutama tentang math. coz I m A matematic teacher...

    BalasHapus